Kamis, 14 Juni 2018

J&T vs JNE


Well ini adalah hari terakhir puasa di tahun 2018 bagi para umat muslim, gak kerasa yah! Gila waktu jalan sih super cepat loh, pas lagi bahas ini ke teman gw, doi bilang kalau idup gw kebanyakan drama, ikut puasa aja kagak sok-sok an ngemeng hari terakhir puasa :’)
Intinya gw suka banget sama aura yang terpancar pada hari raya, apapun itu entah Lebaran, Natal, Imlek, Nyepi dst. Contohnya nih kalau lebaran yah, malamnya itu suara genderang takbir dimana-mana, itu bikin gw ngerasa terharu, padahal gw gak puasa yee. Gimana rasanya orang yang full sebulan ibadah puasa terus denger suara takbir di malam sebelum hari kemenangan, gw yakin pasti bahagia banget deh rasanya.
Okey mari akhiri intro gw sebelum makin melebar gak karuan. Gw sebenarnya mau bahas soal pengalaman gw jajan online, tentunya ini melibatkan jasa expedisi untuk pengiriman barang yang gw pesan. Pertama-tama mari bahas performa si J&T (H-11) menjelang lebaran yang gw alami nyata tanpa basa-basi.
Tanggal 4 Juni 2018
Fanny jajan senilai 140ribuan via Shopee, namun sayang seller tidak menyediakan metode pengiriman menggunakan gosend same day maupun instant courier. Yang ada hanya JNE dan J&T, berdasarkan pengalaman terdahulu gw sempat jajan di seller ini juga dan pake J&T cuco pengiriman cuma 1 hari aja langsung tiba. Seller itu lokasinya di Jakarta sedangkan gw di Tangerang. Yaudah cus dong gw bayar jajanan gw sekitar jam 4 sore. Eh ternyata seller gerak cepat, langsung dikirim pesanan gw, dalem hati gw seneng karena besok pasti dah tiba nih. Kebetulan itu barang yang gw pesan urgent buat dipakai.
Tanggal 8 Juni 2018
Paket gw masih belum tiba, gw coba telepon ke J&T center katanya akan di follow up. Oke done dong.
Tanggal 10 Juni 2018
Masih belum ada kabar, siang jam 12an gitu pas gw tracking masih di “Jakarta paket diterima oleh Soeprapto” kalau dari asumsi gw sih ini paket masih nyangkut di kurirnya. Akhirnya gw coba contact seller minta tolong dibantu untuk follow up paket gw karena udah hampir 1 minggu belum tiba juga. Berikut ini percakapan gw sama si seller:




Tanggal 13 Juni 2018
Gw kaget ini pas lagi ngecek status paket, ternyata yang gw lihat adalah “Paket disimpan di gudang J&T pelanggan ingin dikirim kembali ke alamat berbeda.”
Ini penampakannya yang biking w kaget

Langsung dong gw hubungin si seller buat klarifikasi, karena gw takut si seller salah paham bukannya follow up biar paket cepat sampai malah buat ganti alamat.

Faktanya ternyata seller maupun gw, sama-sama telepon J&T center itu cuma minta agar paket segera dikirim gitu. Ya udah dong gw telepon tuh J&T sekitar jam 12 siang, katanya paket gw ada di cabang J&T Poris, dia bilang akan diantarkan nanti tapi intinya masih belum jelas siapa yang ajuin untuk ganti alamat. Terus CS nya J&T juga bilang kalau mau dijemput juga bisa itu paketnya, akhirnya gw jam 2 siang pikir ya udahlah kalau memang di Poris gw jemput aja.
Gw telepon deh cabang Poris yang nomornya gw dapat dari CS pusat pas jam 12 siang tadi kan. Eh ternyata CS Poris bilang kalau paketnya udah dikirim ke gudang yang di Green Lake. Kata doi tadi paketnya sempat sampai ke cabang Poris itu tapi ditolak karena untuk pendistribusian ke area Taman Royal (alamat gw) harus melalui cabang Green Lake bukan cabang Poris. That’s why statusnya tadi itu dianggap nyasar.
Jadi kesimpulannya gw rasa ada miss communication antara CS atau person in charge di cabang Poris dengan kurir yang mengantar ke Poris itu. CS nya bilang kalau itu paket nyasar harusnya ke cabang Green Lake buat didistribusiin, tapi bau-baunya kurir salah tangkap, dipikirnya kalau pelanggan mau ganti alamat, karena dibilang “nyasar alias tersesat”.
Wah di situ gw udah hopeless deh, terus gw telepon lagi ke J&T center buat jelasin kronologi yang gw dapet. Bahwa pas pertama gw telepon CS J&T pusat bilang paket ada di Poris, pas konfirmasi ke Poris lalu dikasih tau bahwa paket digudang Green Lake dan dinyatakan nyasar oleh orang yang di kantor cabang Poris. Itulah sebabnya di tracking status tertulis “pelanggan ingin dikirim kembali ke alamat berbeda”. Tetapi sayangnya setelah gw jelasin panjang lebar, CS J&T center yang gw telepon kedua kalinya ini kekeuh berangapan kalau yang minta ubah alamat itu pelanggan.
Gw udah pasrah pas dia ngomong gitu, intinya gw bilang lagi ke dia begini kurang lebih:
“Paket itu urgent statusnya harus saya terima maximal besok (tanggal 14 Juni 2018). Karena saya beli itu via Shopee dari tanggal 4 Juni 2018 dan masa garansi Shopee sebenarnya sudah habis pada tanggal 12 Juni 2018, namun karena saya tahu bahwa seller telah mengirim barang sesuai kewajibannya, maka saya perpanjang lah masa tunggunya jadi nambah 3 hari yakni 15 Juni 2018. Sedangkan batas maximal saya mengajukan refund adalah 1 hari sebelum tanggal 15 Juni 2018.”
Gak lama telepon tiba-tiba mati, gw pikir how rude CS nya ini, gw sempat bilang terimakasih diakhir kalimat tapi langsung dimatiin. Terus gw cek pulsa eh ternyata pulsa gw abis cyin hahaha gila yah, agak gak rela sebenarnya gw tuh pulsa abis hanya untuk teleponan sama J&T. Super wasting deh menurut gw hiks.
Selesai telepon, akhirnya gw kirim email ke Shopee dan J&T prihal masalah yang gw alami, berikut ini ss an email gw:

Lalu dalam batin gw udah mengikhlaskan itu barang ilang deh. Di hari yang sama tanggal 13 Juni 2018 ini gw juga terima paket yang tiba di rumah gw, itu jajanan gw lainnya yang dikirim dari Semarang tanggal 11 Juni 2018 dan tiba di rumah gw hanya dalam kurun waktu 2 hari bep! Kebayang gak sih betapa senangnya gw, pas awalnya itu paket dikirim tanggal 11 Juni 2018 gw udah sempet berasa horror karena yakin kasusnya bakalan sama kayak si J&T ini, penantian gw bakalan panjang dan gw juga takut itu barang ilang :’) soalnya harganya jauh lebih mahal daripada kasus gw sama si J&T ini jadi pasti gw bisa pusing dan stress kalau beneran kasusnya macam si J&T. Ternyata Tuhan berkehendak lain, gw dikasih berkat itu barang tiba super cepat, walaupun gw baru notice kalau pas ditotalin untuk bayar katanya ongkir Rp 19.000,- tapi nyatanya gw lihat dipaketnya tertulis Rp 17.000,-. Ikhlas sih gw 2rebu asal paket bisa tiba cepat dan selamat sampai tujuan :”)
Tanggal 14 Juni 2018
Akhirnya si paket dari J&T itu tiba juga di rumah gw dengan selamat tanpa kekurangan dan rusak sedikitpun. Gw ga expect bakalan tiba hari ini sih, seriusan deh padahal gw juga udah ngerelain itu barang ilang hahaha. Gw rasa banyak juga dari kalian yang senasip kayak gw, kena imbas overload paket mendekati hari raya. Dan gw sadar ini emang beneran efek dari hari raya, orang yang kirim ini dan itu semakin meningkat mendekati hari raya. Karena pas natal beberapa tahun lalu, gw ngerasain hal yang sama. Namun itu gw menggunakan expedisi Wahana, gw kirim hadiah natal untuk teman gw yang di Jakarta (pada masa itu masih belum ada gojek). Waktu pengiriman adalah 1 minggu sebelum natal, nyatanya paket itu sampai di rumah teman gw setelah tahun baru hahaha. Awalnya gw pikir itu paket udah raib karena pas gw coba telepon ke wahana gak pernah nyambung sekalipun.
Cuma balik lagi, mungkin ada yang apes paketnya lamaaaa banget sampainya namun ada juga yang hoki paketnya langsung nyampe dalam hitungan beberapa hari saja. Untuk kasus gw dengan J&T kemarin yang memakan waktu pengiriman sampai 10 hari, gw gak kapok kok buat tetap pakai jasa dari J&T ini. Hanya saja mungkin kalau udah deket-deket hari raya, gw gak bakalan jajan hahaha harus antisipasi sendiri gitu. Okey sekian, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang bernasib sama maupun yang belum mengalami nasib ini hahaha.

Luv you!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

About

who's fanny?

Fanny Wijaya, perempuan kelahiran 7 Feb'93 lulusan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Tarumanegara aka UNTAR.

Artikel Populer

Followers

Admin

YOU can find me on:

twitter: @fannyWJY
facebook: Fanny Wijaya
skype: xofanxony
;) see ya!