Well ini adalah hari
terakhir puasa di tahun 2018 bagi para umat muslim, gak kerasa yah! Gila waktu
jalan sih super cepat loh, pas lagi bahas ini ke teman gw, doi bilang kalau idup
gw kebanyakan drama, ikut puasa aja kagak sok-sok an ngemeng hari terakhir puasa
:’)
Intinya gw suka banget
sama aura yang terpancar pada hari raya, apapun itu entah Lebaran, Natal, Imlek,
Nyepi dst. Contohnya nih kalau lebaran yah, malamnya itu suara genderang takbir
dimana-mana, itu bikin gw ngerasa terharu, padahal gw gak puasa yee. Gimana rasanya
orang yang full sebulan ibadah puasa terus denger suara takbir di malam sebelum
hari kemenangan, gw yakin pasti bahagia banget deh rasanya.
Okey mari akhiri
intro gw sebelum makin melebar gak karuan. Gw sebenarnya mau bahas soal
pengalaman gw jajan online, tentunya ini melibatkan jasa expedisi untuk
pengiriman barang yang gw pesan. Pertama-tama mari bahas performa si J&T (H-11)
menjelang lebaran yang gw alami nyata tanpa basa-basi.
Tanggal 4 Juni 2018
Fanny jajan senilai
140ribuan via Shopee, namun sayang seller tidak menyediakan metode pengiriman
menggunakan gosend same day maupun instant courier. Yang ada hanya JNE dan
J&T, berdasarkan pengalaman terdahulu gw sempat jajan di seller ini juga
dan pake J&T cuco pengiriman cuma 1 hari aja langsung tiba. Seller itu
lokasinya di Jakarta sedangkan gw di Tangerang. Yaudah cus dong gw bayar
jajanan gw sekitar jam 4 sore. Eh ternyata seller gerak cepat, langsung dikirim
pesanan gw, dalem hati gw seneng karena besok pasti dah tiba nih. Kebetulan itu
barang yang gw pesan urgent buat dipakai.
Tanggal 8 Juni 2018
Paket gw masih belum
tiba, gw coba telepon ke J&T center katanya akan di follow up. Oke done
dong.
Tanggal 10 Juni 2018
Masih belum ada
kabar, siang jam 12an gitu pas gw tracking masih di “Jakarta paket diterima
oleh Soeprapto” kalau dari asumsi gw sih ini paket masih nyangkut di kurirnya. Akhirnya
gw coba contact seller minta tolong dibantu untuk follow up paket gw karena
udah hampir 1 minggu belum tiba juga. Berikut ini percakapan gw sama si seller:
Tanggal 13 Juni 2018
Gw kaget ini pas lagi
ngecek status paket, ternyata yang gw lihat adalah “Paket disimpan di gudang J&T
pelanggan ingin dikirim kembali ke alamat berbeda.”
Ini penampakannya
yang biking w kaget
Langsung dong gw
hubungin si seller buat klarifikasi, karena gw takut si seller salah paham bukannya
follow up biar paket cepat sampai malah buat ganti alamat.
Faktanya ternyata
seller maupun gw, sama-sama telepon J&T center itu cuma minta agar paket segera
dikirim gitu. Ya udah dong gw telepon tuh J&T sekitar jam 12 siang, katanya
paket gw ada di cabang J&T Poris, dia bilang akan diantarkan nanti tapi
intinya masih belum jelas siapa yang ajuin untuk ganti alamat. Terus CS nya
J&T juga bilang kalau mau dijemput juga bisa itu paketnya, akhirnya gw jam
2 siang pikir ya udahlah kalau memang di Poris gw jemput aja.
Gw telepon deh cabang
Poris yang nomornya gw dapat dari CS pusat pas jam 12 siang tadi kan. Eh ternyata
CS Poris bilang kalau paketnya udah dikirim ke gudang yang di Green Lake. Kata doi
tadi paketnya sempat sampai ke cabang Poris itu tapi ditolak karena untuk
pendistribusian ke area Taman Royal (alamat gw) harus melalui cabang Green Lake
bukan cabang Poris. That’s why statusnya tadi itu dianggap nyasar.
Jadi kesimpulannya gw
rasa ada miss communication antara CS atau person in charge di cabang Poris dengan
kurir yang mengantar ke Poris itu. CS nya bilang kalau itu paket nyasar
harusnya ke cabang Green Lake buat didistribusiin, tapi bau-baunya kurir salah
tangkap, dipikirnya kalau pelanggan mau ganti alamat, karena dibilang “nyasar
alias tersesat”.
Wah di situ gw udah
hopeless deh, terus gw telepon lagi ke J&T center buat jelasin kronologi
yang gw dapet. Bahwa pas pertama gw telepon CS J&T pusat bilang paket ada
di Poris, pas konfirmasi ke Poris lalu dikasih tau bahwa paket digudang Green
Lake dan dinyatakan nyasar oleh orang yang di kantor cabang Poris. Itulah sebabnya
di tracking status tertulis “pelanggan ingin dikirim kembali ke alamat berbeda”.
Tetapi sayangnya setelah gw jelasin panjang lebar, CS J&T center yang gw
telepon kedua kalinya ini kekeuh berangapan kalau yang minta ubah alamat itu
pelanggan.
Gw udah pasrah pas
dia ngomong gitu, intinya gw bilang lagi ke dia begini kurang lebih:
“Paket itu urgent
statusnya harus saya terima maximal besok (tanggal 14 Juni 2018). Karena saya
beli itu via Shopee dari tanggal 4 Juni 2018 dan masa garansi Shopee sebenarnya
sudah habis pada tanggal 12 Juni 2018, namun karena saya tahu bahwa seller
telah mengirim barang sesuai kewajibannya, maka saya perpanjang lah masa
tunggunya jadi nambah 3 hari yakni 15 Juni 2018. Sedangkan batas maximal saya
mengajukan refund adalah 1 hari sebelum tanggal 15 Juni 2018.”
Gak lama telepon tiba-tiba
mati, gw pikir how rude CS nya ini, gw sempat bilang terimakasih diakhir
kalimat tapi langsung dimatiin. Terus gw cek pulsa eh ternyata pulsa gw abis
cyin hahaha gila yah, agak gak rela sebenarnya gw tuh pulsa abis hanya untuk
teleponan sama J&T. Super wasting deh menurut gw hiks.
Selesai telepon,
akhirnya gw kirim email ke Shopee dan J&T prihal masalah yang gw alami,
berikut ini ss an email gw:
Lalu dalam batin gw
udah mengikhlaskan itu barang ilang deh. Di hari yang sama tanggal 13 Juni 2018
ini gw juga terima paket yang tiba di rumah gw, itu jajanan gw lainnya yang
dikirim dari Semarang tanggal 11 Juni 2018 dan tiba di rumah gw hanya dalam
kurun waktu 2 hari bep! Kebayang gak sih betapa senangnya gw, pas awalnya itu
paket dikirim tanggal 11 Juni 2018 gw udah sempet berasa horror karena yakin
kasusnya bakalan sama kayak si J&T ini, penantian gw bakalan panjang dan gw
juga takut itu barang ilang :’) soalnya harganya jauh lebih mahal daripada
kasus gw sama si J&T ini jadi pasti gw bisa pusing dan stress kalau beneran
kasusnya macam si J&T. Ternyata Tuhan berkehendak lain, gw dikasih berkat
itu barang tiba super cepat, walaupun gw baru notice kalau pas ditotalin untuk
bayar katanya ongkir Rp 19.000,- tapi nyatanya gw lihat dipaketnya tertulis Rp
17.000,-. Ikhlas sih gw 2rebu asal paket bisa tiba cepat dan selamat sampai
tujuan :”)
Tanggal 14 Juni 2018
Akhirnya si paket dari
J&T itu tiba juga di rumah gw dengan selamat tanpa kekurangan dan rusak
sedikitpun. Gw ga expect bakalan tiba hari ini sih, seriusan deh padahal gw
juga udah ngerelain itu barang ilang hahaha. Gw rasa banyak juga dari kalian
yang senasip kayak gw, kena imbas overload paket mendekati hari raya. Dan gw
sadar ini emang beneran efek dari hari raya, orang yang kirim ini dan itu
semakin meningkat mendekati hari raya. Karena pas natal beberapa tahun lalu, gw
ngerasain hal yang sama. Namun itu gw menggunakan expedisi Wahana, gw kirim hadiah
natal untuk teman gw yang di Jakarta (pada masa itu masih belum ada gojek). Waktu
pengiriman adalah 1 minggu sebelum natal, nyatanya paket itu sampai di rumah
teman gw setelah tahun baru hahaha. Awalnya gw pikir itu paket udah raib karena
pas gw coba telepon ke wahana gak pernah nyambung sekalipun.
Cuma balik lagi,
mungkin ada yang apes paketnya lamaaaa banget sampainya namun ada juga yang
hoki paketnya langsung nyampe dalam hitungan beberapa hari saja. Untuk kasus gw
dengan J&T kemarin yang memakan waktu pengiriman sampai 10 hari, gw gak
kapok kok buat tetap pakai jasa dari J&T ini. Hanya saja mungkin kalau udah
deket-deket hari raya, gw gak bakalan jajan hahaha harus antisipasi sendiri
gitu. Okey sekian, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang bernasib sama
maupun yang belum mengalami nasib ini hahaha.
Luv you!
0 komentar:
Posting Komentar